Motivasi Diri Sendiri, Jangan Seperti Batere HP Soak

 30 Maret 2022    Dibaca: 117 Pengunjung

Gede Ngurah Wididana Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup

Motivasi yang paling tokcer adalah motivasi dari dalam diri. Motivasi dari luar diri/orang lain, melalui buku, seminar, diskusi, dan sebagainya, adalah penting, untuk pertimbangan mengambil keputusan, kreativitas, dan kecepatan kerja.

“Sering kali setelah acara motivasi selesai, atau saat motivatormya selesai melakukan tugasnya, atau beberapa hari atau minggu setelah acara motivasi, orang/ individi yang dimotivasi kehilangan semangat, loyo dan kendor, seperti tenaga batere HP yang sudah tua, cepat habis daya setrumnya kecuali segera dicas lagi, walau beberapa saat kemudian srtrumnya mengendor lagi,” kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Sosok pria enerjik kelahiran Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng itu menegaskan,orang yang kurang termotivasi, karena dirinya lemah, bisa disebut sebagai orang malas, malas belajar, malas bekerja dan malas berkreasi.

Cara memotivasi orang malas adalah dari dirinya sendiri. Kalau dari dirinya tidak termotivasi, maka motivatornya bisa teler, kehabisan ide. Seperti batere HP yang soak, maka lebih baik mengganti baru batere HP, biayanya lebih murah dari pada terus menggunakan batere HP lama yang lemot serta kendor dan harus sering dicas.

Pak Oles yang memiliki wawasan dan pandangan jauh ke depan serta selalu dilandasi semangat yang tinggi menjelaskan, orang malas itu banyak alasan, sakit, upacara adat, iklim tidak mendukung, atau kejadian mendadak lainnya, yang tujuannya adalah ngeles, menghindari bekerja, sambil berpura pura sibuk kerja, membuat alasan baru, sambil memasang wajah lemah dan merenggut.

Dalam organisasi/ kelompok, selalu ada orang/ individu yang suka bikin alasan dan banyak teori, serta sangat sedikit kerja yang dihasilkan. Jika bertemu dengan orang demikian, maka segeralah memberikan tugas yang lebih disiplin dan detil, agar orang tersebut bisa mengubah dirinya menjadi pribadi baru yang lebih rajin, atau dia menghilang melarikan diri dari tugasnya, muntaber (mundur tanpa berita), atau segera diberhentikan, karena sistim kerja yang tidak mendukung. Tetap semangat dan salam tokcer. linktr.ee/pakolescom

TAGS :