Sabar Iklas Disiplin Kunci Sukses

 01 Oktober 2022    Dibaca: 54 Pengunjung

Dr.Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Grup

Yoga dan Disiplin mempunyai keterkaitan satu sama lain yang harus dilatih melalui latihan fisik sikap asana, sikap tubuh yang berhasil atau sukses adalah berdiri atau duduk pada posisi yang tegap menggunakan busana, atribut atau aksesoris yang sesuai saat itu.

“Pramayana sikap nafas atau manajemen dari pernafasan yang bisa fokus pikiran, pramayana asana yama dan yana ini adalah satu kesatuan sehingga kita bisa hidup disiplin, ikhlas yang menjadi kunci sebuah kesuksesan” kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang akrab disapa Pak Oles ketika tampil memberikan motivasi yang membahas tentang “Disiplin Sebagai Kunci sukses”.

Alumnus Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar itu menambahkan, kemudian ada lagi banda atau menahan suatu gerakan bekerja keras harus tahan jangan kendor, atau lepaskan, pada saat releksasi.

“Jadi praktek-praktek yoga yang kita lakukan dalam kegiatan sehingga bisa apa yang kita lakukan mampu memberikan hasil atau manfaat,” ujar Pak Oles.

Untuk mampu memiliki  disiplin harus bisa memutuskan sesuatu keputusan yang bersifat besar misalnya, bekerja lebih keras, semangat, belajar lebih fokus, atau berusaha sekuat tenaga sehingga usahanya menjadi lebih besar dan fokus.

Hal itu penting, karena apapun yang dilakukan tanpa fokus hasilnya pasti akan kurang bagus. Jadi keputusan dari dalam diri untuk mendisiplinkan diri, mulai dari pikiran, tingkah laku yang bersih, lingkungan, pakaian yang bersih dan kata-kata yang bersih.

Kebersihan ini disebut dalam Sanana bersih yakni bersih dalam segala hal, manajemen yang bersih, kepemimpinan yang bersih itu merupakan disiplin, sehingga disiplin  itu akan memberikan kesuksesan.

Demikian pula disiplin menggunakan kata-kata yang tepat yang penting tidak mengikuti arus menyebar “hoax” atau bertutur kata yang tidak bagus juga merupakan disiplin.

Pak Oles menekankan, dengan  bersikap  ramah (madurya), bersikap rendah hati (madarwa) merupakan suatu disiplin dalam diri, juga harus terus diingatkan untuk disiplin tidak boros terhadap waktu, kata-kata, tenaga, uang dan sebagainya.

Semuanya itu dilakukan secara efisien, karena efisien yang terus menerus dilakukan akan memberikan suatu keberhasilan atau kesuksean. Ingatkan diri untuk terus menerus berdisiplin, tidak boros, karena terus melakukan gerakan efisien akan memberikan suatu keberhasilan atau kesuksesan.

“Ingatkan diri sendiri setiap pagi melakukan pramayana dan hal itu menjadi suatu kebiasaan setiap saat tumbuh dalam pikiran untuk melakukan asana yang tepat, sehingga pernafasan menjadi lebih bagus, kesehatan lebih bagus, pikiran lebih bagus, pekerjaan lebih fokus, hubungan komunikasi dengan keluarga, teman, sanak saudara akan lebih baik.

Semua itu dengan disiplin akan mengantarkan suatu keberhasilan hubungan, kesempatan yang lebih baik dan tentu usaha menjadi lebih baik dan sukses. Kuncinya adalah disiplin atta yoga anusasana yang disebut dengan yoga itu adalah disiplin.

“Dimaksud dengan yoga adalah latihan atau praktek secara terus menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan yang disebut dengan adiyasa. Adiyasa wairaya tan niroda kebiasaan dan sifat iklas  untuk bekerja itulah niroda tidak terikat karena keikhlasan itu akan mendapatkan suatu kebahagiaan lahir dan batin. Disiplin kunci sukses itu harus dilatih setiap hari, setiap saat untuk tetap rendah hati, sabar dan iklhas, semoga disiplin untuk kunci sukses ini bisa kita renungkan bahwa yoga adalah dasar dari bekerja,” tutur Pak Oles. linktr.ee/pakolescom

TAGS :