Pak Oles: Aktivitas Yoga Atasi Gangguan Kesehatan

 06 Juli 2023    Dibaca: 275 Pengunjung

Karyawan Pak Oles di kantor pemasaran, Jalan Letda Kajeng, Yangbatu, Denpasar melakukan pose usai latihan yoga bersama.

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menegaskan, karyawan yang terindikasi mengalami gangguan kesehatan seperti asam urat, fungsi hati, kolesterol dan gula darah hasil pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (medical check up) diharapkan dapat diatasi dengan kegiatan yoga yang lebih diitensifkan di masing-masing usaha bisnis dan unit kerja yang berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali.

“Sebanyak 80 persen dari 92 karyawan/karyawati yang mengikuti pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh melalui air kencing diduga mengalami gangguan kesehatan satu atau dua jenis penyaklit yang diharapkan segera dapat disembuhkan agar tidak mengganggu aktivitas kerja,” kata Dr. Wididana yang akrab disapa Pak Oles yang juga Instruktur Yoga Internasional dan penggagas Yoga Keseimbangan dan Keberanian (Sembrani).

Ia mengatakan, penyembuhan penyakit yang diderita, meskipun tergolong ringan diharapkan segera dapat diatasi juga dilakukan bekerja sama dengan dengan dokter, poliklinik, dan rumah sakit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan aktivitas rutin kegiatan yoga bagi seluruh karyawan.

Karyawan-karyawati di lima unit usaha bisnis PT Karya Pak Oles Tokcer sejak enam bulan belakangan ini mengintensifkan latihan yoga keseimbangan dan keberanian (Semberani) di empat lokasi di Kota Denpasar dan satu lokasi di Desa Bengkel Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Empat lokasi di Kota Denpasar melaksanakan dua kali yoga dalam seminggu dengan penuh semangat meliputi di Kantor Pusat Jalan Nusa kambangan Denpasar, Kantor Pemasaran Produk Ramuan Pak Oles di Jalan Komodo, pabrik Produk Ramuan Pak Oles di Jalan Tukad Balian Denpasar, Jalan Letda Kajeng Denpasar dan Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Melalui aktivitas yoga melakukan pranayama yakni secara otomatis mengatur pernafasan dan berbagai gerakan sehingga mampu mendisiplinkan tubuhnya, agar pikirannya juga ikut menjadi disiplin dan tubuh secara terus menerus dilatih disiplin menjadi sehat, kuat dan lentur.

Kondisi tubuh yang prima seperti itu menjadikan pikiran yang sehat, mantap dan memiliki mindset tubuh dengan harapan mampu mengatasi gangguan penyakit pada tubuh.

Pak Oles mencontohkan pada dirinya, setahun yang lalu mengalami tiga jenis gangguah kesehatan yakni fungsi ginjal, asam urat dan kolesterol, sekarang ketiga jenis penyakit itu sudah hilang.

“Saya yakin hilangnya ketiga jenis gangguan kesehatan itu berkat kegiatan yoga yang ditekuni secara intensif dan berkesinambungan. Saya harap semua karyawan Pak Oles yang mengalami gangguan kesehatan kembali sehat walafiat dapat melakukan aktivitas dengan baik berkat kegiatan yoga secara berkesinambungan,” harap Gede Ngurah Wididana.

Pak Oles mengaku, makanan menu kesehariannya biasa seperti kebanyakan orang, forsinya kadang lebih dari biasanya, ada protein dan mengandung minyak. Saya mengkonsumsintya menjadi sehat tidak ada gangguan kesehatan, namun orang lain dengan mengkonsumsi yang sama mengalami dua atau tiga gangguan kesehatan.

Hal Itu berkat pengaruh yoga yang saya intensifkan sejak setahun belakangan ini, menyusul diikuti karyawan-karyawati PT Karya Pak Oles Grup di masing-masing unit kerja, minimal dua kali dalam seminggu, bahkan lebih, meskipun ada yang melakukan pada saat jam kerja, tutur Pak Oles.

TAGS :