Dr. Wididana: Yoga Jadikan Pikiran Jernih dan Miliki Cinta Kasih

 01 Oktober 2023    Dibaca: 260 Pengunjung

Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr, alumnus Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang juga master yoga internasional mengungkapkan, tubuh, pikiran dan napas dengan melakukan yoga, asana dan pranayama menjadikan pikiran jernih, memiliki kepedulian pada orang lain dan cinta kasih.

“Demikian pula memiliki kesetiaan, tugas dan tanggung jawab kita sebagai manusia, tempat kita bekerja dan selalu berpikir kesetiaan dalam bahasa kekinian disebut dengan komitmen,” kata Dr. Wididana ketika memberikan Dharmawacana yang disiarkan salah satu stasiun televisi yang berjaringan di tingkat pusat.

Ia menjelaskan, komitmen itu artinya setia, rela berkorban untuk suatu tujuan dari kehidupan di muka bumi, guna mencapai kedamaian dan kesejahteraan.

Dalam mencapai tujuan hidup itu harus tetap membangun cinta kasih dengan pranayama, guna membangkitkan segenap prasada. Prasada artinya jernih hati, hati yang jernih itu didapat melalui latihan-latihan pranayama, melalui latihan-latihan non karacantik atau Gayatri Mantram.

Dengan Gayatri Mantram kita terus melatih napas menjadi jernih, rileks, pikiran bening, hati bersih, jernih terus dalam hati yang jernih itu masuk ilmu pengetahuan yang disebut dengan Tresna, yakni apa yang benar, apa yang harus dilakukan itu diketahui dengan jelas dan tidak kabur.

Semua itu berkat sudah mendapatkan jalan suci atau jona prajodayat, kejernihan hati untuk bisa mendengarkan dengan baik, harus dilakukan yakni bisa memilih dengan jelas, sesuai dengan tujuan, dalam hati yang lembut, pikiran jernih, perkataan yang lembut akhirnya muka kitapun menjadi bersih, lembut yang disebut dengan maduria, ujar Dr. Wididana.

TAGS :