Dr. Wididana: Dengan Yoga Racun Dalam Tubuh Bisa Keluar

 24 Desember 2023    Dibaca: 276 Pengunjung

Peserta Yoga Semberani melakukan foto bersama usai melakukan latihan yoga di yoga room, Jalan Letda Kajeng, Yangbatu, Denpasar.

Instruktur Yoga Internasional yang juga penggagas dan menciptakan Yoga Keseimbangan dan Keberanian (Sembrani), Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menegaskan, orang yang merokok, mengkonsumsi narkoba, menggunakan kosmetik, parfum dan jenis racun makanan pengawet lainnya yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa ke luar secara alami.

“Racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia itu harus dikeluarkan karena dapat mengganggu kesehatan tubuh, hanya dengan melakukan kegiatan yoga, karena dengan pranayama dan asana, makanan dan air racun yang mengganggu kesehatan itu bisa dikeluarkan tidak jadi mengendap,” kata Dr. Wididana yang juga Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali.

Ketika melatih yoga kepada karyawan/ti di Yoga Room Jalan Letda Kajeng, Yangbatu Kangin Denpasar, Dr. Wididana, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang menekankan, racun yang masuk ke dalam tubuh misalnya 1.000 mikron, seluruhnya itu harus berhasil dikeluarkan.

“Jika racun yang mengendap dalam tubuh setiap hari, selama 10-20 tahun menyebabkan anda akan cepat tua, sakit di siku, di betis, di mata menjadi penyakit katarak dan sebagainya,” ujar sosok pria enerjik yang akrab disapa Pak Oles.
Itu namanya ilmu detox atau ilmu buang racun, kalau anda mengerti ilmu ini baru paham, pranayama, asana itu sangat penting untuk memelihara kesehatan tetap prima, segar bugar dalam menekuni aktivitas keseharian.

“Kalau tidak mengerti ya menjadi sakit, ketergantungan obat, rajin ke dokter baru akhirnya menyesal. Waktu tidak bisa balik, umur tidak bisa balik termasuk kesehatan. Jika kesehatan balik setelah sakit, dia akan berkurang, kesehatan 100% terus mengalami sakit keras akan kembali hanya 80%, dan sakit lagi sisanya lagi 30% demikian namanya hukum kita hanya bisa menjaga kesehatan, menunda sakit, dan kalaupun sakit bisa cepat sembuh,” tutur Pak Oles.

Oleh sebab itu setiap orang dituntut mampu meminimalisir efek sakitnya, pada akhirnya pun kita akan tua, meninggal, hukum alam dalam Ayurwedha, ayu artinya umur muda,wedha ilmu pengetahuan tentang awet muda.
Salah satu yang ada dalam Ayurwedha itu adalah ilmu pengetahuan tentang awet muda, yoga, detox, (buang racun) dan napas. Keempat teknik-teknik itu menyangkut bagaimana membersihkan usus, saluran pernapasan, bijak terhadap tanaman obat dan belajar yoga.

“Dalam yoga kita belajar beberapa asana mungkin 20-30 asana, sehingga dengan teknik-teknik itu kita bisa sehat. Ciri orang sehat, badan sehat, pikiran sehat, makan bagus, tidur enak, buang air besar (BAB) dan angin lancar.

TAGS :